,

Leadership Training Siap Lahirkan Pemimpin yang Komunikatif dan Kolaboratif Lewat Mahasiswa UII EC 2022

Universitas Islam Indonesia (UII) kembali menunjukkan komitmennya dalam mencetak pemimpin muda yang berkualitas. Hal ini dibuktikan dengan diselenggarakannya Leadership Training untuk mahasiswa UII Excellent Community (EC) angkatan 2022 oleh Direktorat Pembinaan Kemahasiswaan Universitas Islam Indonesia pada Sabtu, 29 Juni 2024 bertempat di Gedung Fakultas Hukum Kampus Terpadu Universitas Islam Indonesia.

Pelatihan terbagi menjadi dua sesi utama, yaitu Komunikasi Efektif sebagai Pemimpin dan Manajemen Tim dengan total mahasiswa UII EC 2022 sebanyak 163 mahasiswa yang dibagi menjadi 5 kelas. Adapun Gatia Setya Riani, S.Psi., M.Psi., Psikolog; Yulindyah Widyastika, S.Psi., M.Psi., Psikolog; Rahmat Edi Santoso, S.Psi., M.Psi., Psikolog; Walid Jumlad, S.Psi., M.Psi., Psikolog; Citra Anisa Nanda, S.Psi., M.Psi., Psikolog bertindak sebagai trainer dalam kegiatan training kali ini.

Pelatihan yang berlangsung selama satu hari penuh ini menggabungkan antara teori, praktik, dan game interaktif. Para peserta tidak hanya mendengarkan materi dari para trainer, tetapi juga terlibat dalam berbagai aktivitas kelompok, diskusi, simulasi, dan game yang tentunya membuat kelas semakin hidup dan menyenangkan. Metode pembelajaran yang bervariasi ini membuat peserta lebih aktif dan antusias dalam mengikuti kegiatan training.

Salah satu materi adalah mengenai manajemen konflik. Para peserta diajarkan berbagai teknik untuk mengelola konflik yang terjadi dalam tim dengan cara yang konstruktif. Selain itu, peserta juga belajar tentang pentingnya membangun sinergi dalam tim untuk mencapai tujuan bersama.

Pelatihan diharapkan tidak hanya memberikan pengetahuan dan keterampilan dari mahasiswa UII EC 2022, tetapi juga dapat menginspirasi peserta untuk menjadi pemimpin yang tangguh dan visioner. Seperti kata pepatah bahwa “Pemimpin bukanlah dilahirkan, tetapi dibentuk”. Melalui pelatihan ini, DPK UII berharap dapat membentuk pemimpin-pemimpin muda yang siap menghadapi tantangan masa depan lewat Mahasiswa UII EC Angkatan 2022.

Penulis: Reno Liu Mahendra