, ,

Seleksi Beasiswa Unggulan UII untuk Angkatan 2020

Assalamu’alaikum Warrahmatullahi Wabarakatuh.

Berdasarkan Peraturan Rektor No : 03/PR/Rek/BEH/III/2013 tentang Beasiswa Unggulan Universitas Islam Indonesia, dengan ini kami informasikan tentang penyelenggaraan seleksi Beasiswa Unggulan UII Tahun Akademik 2020/2021 untuk Angkatan 2020.

PERSYARATAN UMUM

Persyaratan yang harus dipenuhi untuk mengajukan Beasiswa Unggulan UII untuk angkatan 2020 TA. 2020/2021 sebagai berikut:

  1. Terdaftar sebagai mahasiswa aktif program Sarjana Universitas Islam Indonesia Angkatan 2020 dari SEMUA program studi;
  2. Memiliki nilai rata-rata rapor selama SMA/ sederajat minimal 7.5 (tujuh koma lima);
  3. Memiliki kemampuan membaca Alquran yang benar dan hafal beberapa surat dalam juz Amma;
  4. Memiliki kemampuan Bahasa Inggris yang baik;
  5. Memiliki prestasi akademik maupun non akademik (olahraga, seni, penalaran) selama pendidikan sebelumnya;
  6. Memiliki kepribadian dan karakter yang baik;
  7. Aktif beribadah;
  8. Tidak berstatus penerima beasiswa lain baik internal maupun eksternal.

PERSYARATAN ADMINISTRASI

  1. Formulir asesmen diri yang sudah diisi lengkap;
  2. Scan surat pernyataan tidak menerima beasiswa dari sumber lain pada semester yang berjalan (bermaterai);
  3. Scan surat yang menyatakan tentang penghasilan orangtua, diantaranya (bisa pilih salah satu);
    • Surat keterangan penghasilan orangtua (Ayah dan Ibu) per bulan tahun 2020, diketahui oleh minimal Ketua RT (sesuai KK); atau
    • Slip Gaji yang terbaru (tahun 2020); atau
    • SK Pensiun
  4. Scan Kartu Keluarga (KK) sebanyak 1 lembar;
  5. Scan Kartu Tanda Mahasiswa (KTM) sebanyak 1 lembar;
  6. Scan Nilai rapor selama studi di SMA/sederajat (dalam 1 file .pdf);
  7. Esai tentang diri pelamar:
    • Esai ini harus mencakup pembahasan tentang: keluarga, aktivitas sosial, prestasi yang pernah dicapai; keuntungan apa yang bisa didapatkan jika pelamar terpilih sebagai penerima beasiswa; hal-hal apa saja yang sudah dilakukan (kontribusi) untuk kebaikan umat/ masyarakat/ lingkungan sekitar/ semesta raya (jika ada); dan hal-hal apa saja yang akan dilakukan oleh pelamar untuk kebaikan umat/ masyarakat/ lingkungan sekitar/ semesta raya setelah menjadi penerima beasiswa
    • Esai diketik dan dicetak rapi pada kertas HVS A4 dengan font Arial 11, spasi 1.15, margin di semua tepi 3 cm; tanpa halaman sampul
    • Wajib memuat identitas diri (Nama lengkap, NIM, Prodi, Fakultas, Nomor HP)
    • TIDAK LEBIH dari 2 halaman HVS A4
  8. Scan sertifikat-sertifikat penghargaan yang dijadikan dalam 1 file .pdf (harus ada)
  9. Scan sertifikat toefl bahasa inggris atau yang setara .pdf (harus ada).

TATA CARA PENGAJUAN

  1. Mahasiswa wajib melakukan pendaftaran daring melalui tautan

    s.id/DaftarUnggulanUII2020
    (masuk dengan menggunakan email UII);

  2. Mahasiswa melengkapi berkas-berkas persyaratan melalui tautan tersebut;
  3. Pendaftaran sekaligus pengumpulan berkas hanya dilayani secara daring.

KELENGKAPAN FORMULIR

Seluruh kelengkapan formulir pendaftaran dapat diunduh

s.id/TemplateUnggulanUII

JADWAL SELEKSI

No. Keterangan Tanggal
1. Pendaftaran dan pengumpulan berkas secara daring 12-23 Oktober 2020
2. Pengumuman tahap 1 (seleksi berkas) 27 Oktober 2020
3. Tes BTAQ dan Wawancara Psikologis (seleksi tahap 2)

*dilakukan secara daring

30-31 Oktober 2020
4. Pengumuman tahap 2 6 November 2020

LAIN-LAIN

  1. Alokasi Beasiswa sebanyak maksimal 20
  2. Beasiswa yang diberikan berupa:
    • Bebas biaya pendidikan di UII berupa SPP Tetap dan SPP Variabel (untuk biaya lain di luar SPP tetap dan variabel tidak ditanggung);
    • Biaya KKN;
    • Bantuan dana Catur Dharma sebesar maksimal Rp.5.000.000,- (lima juta rupiah).
  3. Beasiswa diberikan selama menempuh pendidikan program Sarjana di UII atau paling lama sampai semester delapan secara berurutan.
  4. Beasiswa dapat diperpanjang jika penerima beasiswa memenuhi kualifikasi minimal dalam proses monitoring dan evaluasi yang dilakukan tiap semester oleh universitas.

Wassalamu’alaikum Warrahmatullahi Wabarakatuh.