,

Inovasi Tropical Dried Candy dari Mahasiswa UII Raih Juara 3 di Ajang Kewirausahaan Mahasiswa Indonesia Expo XIV 2023

Mahasiswa Universitas Islam Indonesia kembali mencetak prestasi melalui sebuah ide bisnis brilian yang dikompetisikan di Kewirausahaan Mahasiswa Indonesia Expo XIV di Universitas Pendidikan Ganesha, Bali pada 15 – 17 November 2023. Sebuah inovasi produk Tropical Dried Candy  ini digarap oleh Diajeng Salsabila (Farmasi 2020), Ayma Qorina Arsyaningrum (Kimia 2020), Fatya Auliya Hening I’tikafia (Kedokteran 2020), dan Umaymatun Az-Zauraa’ (Informatika 2022). Tim Tropical Dried Candy berhasil meraih Juara 3 Kompetisi Pendukung Kategori Social Media Marketing Contest (SM2C).

Inovasi produk Tropical Dried Candy muncul dari adanya permasalahan tentang angka konsumsi buah lokal dan produksi buah lokal yang tidak seimbang, yang mana angka konsumsi masih rendah sedangkan angka produksi cukup tinggi. Berangkat dari permasalahan tersebut, tim yang diketuai Diajeng ini berupaya untuk meningkatkan konsumsi buah lokal sekaligus memperluas informasi buah lokal kepada masyarakat lokal maupun turis dalam sebuah produk.

Adapun yang membedakan Tropical Dried Candy dengan produk lain adalah bahan baku permen yang dibuat menggunakan 90% buah asli dan rendah gula. Selain itu, buah asli dari produk permen ini juga diolah menggunakan teknologi air dehydrator bersuhu rendah sehingga kandungan vitamin dan mineral dari buah tetap terjaga. Setelah produk dan kemasannya siap, Tropical Dried Candy diproduksi secara masal sebanyak 90 bungkus dan dipasarkan di ajang KMI EXPO XIV.Tidak hanya berkutik di pengolahan produk, mereka juga mempersiapkan konsep katalog untuk kompetisi katalog dan konten sebagai media pemasaran yang diikutkan dalam Social Media Marketing Competition (SM2C).

Meskipun dihadapkan dengan banyak rintangan berat, mereka tetap mengupayakan yang terbaik dan semaksimal mungkin. Hasil dari upaya tersebut tidak sekadar mendapatkan juara, tetapi juga sebuah pengalaman berharga ketika bisa bertemu dan berkumpul dengan mahasiswa dari seluruh penjuru universitas di Indonesia yang juga mempunyai inovasi bisnis kreatif. Ada sebuah tantangan tersendiri ketika mereka harus mengatur strategi untuk mendatangkan pelanggan ke stand Tropical Dried Candy. Bagi tim, pengalaman selama mengikuti KMI EXPO XIV memberikan banyak wawasan baru terkait wirausaha serta belajar untuk saling mendukung, tumbuh dan berkembang bersama, dan berpikir visioner.

Penulis: Amanda Aulia Jofanka Bella